follow twitt

Senin, 28 Januari 2013

TUGAS SISTEM OPERASI 2

BATCH SYSTEM
Sistem batch atau batch system adalah sistem yang difungsikan untuk mengatur, memantau dan mengontrol jalannya sestiap sistem yang sedang berjalan.Didalam sistem ini batch sistem membutuhkan sebuah ruang untuk pengalokasian sitiap pekerjaan yang akan di eksekusi, kemudian batch sistem mengontrol semua pekerjaan agar di kumpulkan dan dipilih mana yang akan di eksekusi terlebih dahulu.

MULTIPROGRAMMING
Multi-programming adalah suatu sistem dimana sistem ini bekerja/berfungsi untuk melakukan beberapa pemrosesan secara bersamaan atau dalam satu waktu. Sebenarnya dalam sistem ini, sistem operasi mengeksekusi hanya setengah dari pekerjaan A dan melanjutkan dengan mengeksekusi pekerjaan B begitu seterusnya sampai semua pekerjaan selesai. Didalam kasus ini mungkin user melihat bahwa sistem melakukan proses secara bersamaan. Jika ada terjadi intrupsi atau error maka sistem operasi melakukan skip ke pekerjaan selanjutnya dan berharap bahwa nantinya akan dieksekusi lagi tetapi jika mesin mempunyai kemampuan untuk memproteksi memori maka kemungkinan kecil terjadinya bug, error dll. Dan kecil kemungkinan untuk mengganggu program yang lain yang sedang di eksekusi.

TIME SHARING
Time sharing adalah sistem dimana 'dia' bertugas untuk membagi waktu CPU kedalam  slot yang sama yang dimana slot itu nantinya akan diakses oleh user yang terhubung ke sistem. Pengaksesan slot dalam sistem ini hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu. Sistem ini memiliki alur eksekusi dimana tugas yang pertama kali maskuk, itulah yang akan dieksekusi terlebih dahulu (first in first serve) dan apabila ada tugas yang error atau bug maka tugas itu harus menunggu sampai gilirannya kembali lagi.

MULTIPROCESSING
Multiprocessing adalah dimana penggunaan dua processor dalam waktu yang sama atau bisa dikatakan processor 2 in 1 dan bisa lebih. Komputer sekarang ini sudah menggunakan sistem ini. Sebuah sistem multiprosesor harus mampu mengelola berbagi memori antara beberapa prosesor tetapi juga untuk mendistribusikan beban kerja.

TERDISTRIBUSI
Sistem terdistribusi merupakan sistem dalam beberapa komponen yang saling terhubung satu dengan yang lain untuk melakukan komunikasi baik itu chating maupun pertukaran data. Didalam sistem ini membutuhkan beberapa komputer dalam sebuah jaringan baik itu local, internet maupun wirless. Selain melakukan komunikasi sistem ini juga mempertimbangkan ketersedian infrastruktur jaringan yang memadahi dan juga dukungan standarisasi sistem yang terbuka.
Dalam Sistem Terdistribusi membutuhkan beberapa hal, yaitu:
- Performance : beberapa processor dapat menyediakan kinerja yang lebih baik daripada komputer terpusat.



- Distribution : banyaknya aplikasi yang akan digunakan dalam sistem ini mengharuskan utuk lebih baik dipisah dalam mesin yang berbeda.

- Reliability : kerusakan pada mesin tertentu tidak akan mempengaruhi keseluruhan kinerja.

- Incremental Growth : penambahan komponen terhadap mesin jika kebutuhan proses meningkat.

- Sharing Data / Resource : dapat berbagi dan menggunkan seluruh layanan yang ada di dalam jaringan komputer secara bersamaan.

- Communication : tersedianya fasilitas untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya.

Contoh-contoh dari Sistem Terdistribusi adalah : 
1. Intranet, jaringan yang menghubungkan jaringan secara lokal dan dapat terhubung ke internet melalui firewall juga adanya layanan internal dan eksternal.


2.Internet, jaringan global (menyeluruh) yang menghubungkan komputer dan dapat berkomunikasi dengan media IP sebagai protokol.



3. WWW (World Wide Web), sebuah arsitektur client/server terbuka yang diterapkan di atas infrastruktur, internet dan juga shared resources melalui url.

4. Mobile dan Sistem Komputasi UBIQUITOUS, sistem telephone selular yang resource sharenya menggunakan frekuensi radio, waktu transmisi dalam satu frekuensi, bergerak, komputer laptop, ubiquitous computing, handle device, PDA dll.

5. Sistem Terdistribusi Multimedia, digunakan pada infrastruktur internet.

6. Sistem Telephone seperti ISDN, PSTN.

7. Manajemen Jaringan seperti Administrasi Sumber jaringan.

8. Network File System (NFS) seperti arsitektur untuk mengakses sistem file melalui jaringan.

CLUSTER
Cluster adalah media penyimpanan atau allocator unit dimana sistem operasi menyebutnya sebagai satu kesatuan yang dapat digunakan untuk menyimpan berkas/directory/file. Sistem ini digunakan untuk mengurai keborosan pengalokasian memori oleh hardisk sehingga sektor fisik hardisk tidak diakses oleh sistem, tetapi sekumpulan sektor yang saling berdekatan.
Cluster memiliki ukuran yang bervariasi tergantung tipe file penyimpanannya, semakin besar ukuran cluster maka semakin cepat pula transfer rate-nya. Dengan ukuran cluster yang besar bisa juga menyebabkan fragmentasi internal atau banyaknya ruang kosong yang terbuang, Dibandingkan dengan cluster yang kapasitasnya kecil maka slack space (ruang kosognyang terbuang) semakin kecil pula dan penggunaan memori dalam harddisk semakin efesien dan dengan demikian akan mempengaruhi kinerja hardisk.

REAL TIME
Real Time adalah sistem hardware dan software mempunyai deadline yang jelas. Contohnya pada sistem pengendalian pesawat terbang, pengedalian pesawat terbang harus jelas karenan penyimpangan terhadap sistem ini berakhibat fatal yaitu, kecelakaan.

HANDHELD
Handheld adalah sebuah sistem operasi yang sangat kecil (lebih kecil dari micro computer) dimana sistem ini memiliki memori yang berkapasitas kecil dan memiliki kecepatan yang rendah.

PERBEDAAN MULTIPROGRAMMING DAN SIGLEPROGRAMMING
Perberdaan di kedua sistem ini cukup signifikan yaitu, single programming memiliki satu prosesor yang mengerjakan satu program yang ada di main memory. Sedangkan multi programming memiliki satu prosesor yang dapat mengerjakan banyak program yang di main memory.

PERBEDAAN SYMMETRIC DAN ANSYMMETRIC PROGRAMMING
Pada symentric multiprogramming tiap prosesornya mempunyai sistem operasi yang sama dan dapat melakukan komunikasi antar prosesor. Sedangkan asymmetric multiprogramming satu prosesor yang berfungsi sebagai master prosesot yang bertugas mengatur penjadwalan sitiap aktivitas CPU dan mengalokasikan tiap prosesor dan prosesor lain yang difungsikan untuk membantu mengoptimalkan kinerja (slave).

PERBEDAAN SISTEM PARALEL DAN TERDISTRIBUSI
Didalam sistem ini mempunyai perbedaan yaitu terjadi ketika prosesor menggunakan memory. Dalam sistem paralel prosesor menggunakan memori secara bersamaan, sedangkan sistem terdistribusi prosesor tidak dapat menggunakan memori secara bersamaan.

PERBEDAAN SISTEM TERDISTRIBUSI DAN CLUSTER
Sistem terdistribusi adalah bertugas untuk mendistribusikan komputasi diantara beberapa prosesor sehingga dapat berkomunikasi, sedangkan sitem cluster adalah pengembangan dari sistem terdistribusi.
Perbedaan diantara kedua sistem tersebut adalah sistem cluster memungkinkan dua atau lebih sistem untuk membagai storage secara bersama-sama. Bisa dikatakan kedua sistem ini mempunyai kehandalan yang sama.

APA YANG DIMAKSUD ANSYMMETRIC DAN SYMMETRIC CLUSTER?
Ansymmetric Clustering adalah dimana semua host menjalankan aplikasi, sedangkan Ansymmetric Clustering adalah dimana satu server menjalankan apalikasi dan server lainya standby.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar