follow twitt

Minggu, 20 Januari 2013

TUGAS SISTEM OPERASI 1


A. LAYANAN SISTEM OPERASI

     Sistem Operasi atau Operating System kumpulan dari perangkat lunak yang berfungsi mengelola pembagian sumber daya dari perangkat keras di komputer. Sebuah sistem operasi memiliki layanan umum seperti pembuatan program, eksekusi program, pengaksesan I/O device, pengaksesan terkendali terhadap berkas pengaksesan sistem, deteksi dan pemberian tanggapan pada kesalahan, serta akunting. Sistem operasi berfungsi sebagai koordinator, pengawal, penjaga gerbang, pengoptimalan, akuntan dan sebagai server. LINUX, UNIX, MAC OS dan MICROSOFT WINDOWS adalah beberapa sistem operasi yang paling popular saat ini.


B. SISTEM OPERASI BERDASARKAN KOMPONENNYA

1. SISTEM MONOLITIK
     Sistem monolitik adalah kumpulan prosedur dimana prosedur tersebut dapat dipanggil oleh prosedur lain di sistem bila diperlukan.
     Sistem monolitik juga memiliki kekurangan diantaranya pengujian dan penghilangan kesalahan sulit karena tidak dapat dipisahkan dan dilokalisasi, sulit dalam menyediakan fasilitas pengamanan, merupakan pemborosan bila setiap komputer harus menjalankan kernel  monolitik sangat besar  sementara sebenarnya tidak memerlukan seluruh layanan yang disediakan kernel, tidak fleksibel, kesalahan pemograman satu bagian dari kernel menyebabkan matinya seluruh sistem.
     Keunggulan dari sistem monolitik adalah sistem ini memliki pengaksesan layanannya sangat cepat karena terdapar di satu ruang alamat saja. Sistem operasi yang menggunakan sistem monolitik sampai saat ini adalah UNIX.

2. SISTEM BERLAPIS
     Sistem operasi yang dimana lapisan-lapisan yang ada di bawah memberikan layanan lapisan yang lebih atas. Sistem ini mengurangi kompleksitas rancangan dan implementasi sistem operasi. Tiap-tiap lapisannya memiliki fungsi-fungsi yang terdefinisi dengan bagus. Ada enam (6) lapis-lapis sistem operasi, yaitu

·      Lapis 5 - The operator  = pemakai operator.
·      Lapis 4 - User programs = aplikasi program pemakai.
·      Lapis 3 - I/O management = menyederhanakan akses I/O pada level atas.
·      Lapis 2 -Operator-operatot communication = mengatur komunikasi antar proses.
·      Lapis 1 -Memory and drum management = mengatur alokasi ruang memori atau drum magnetic.
·      Lapis 0 -Processor allocation and multiprogramming = mengatur alokasi pemroses dan switching,multiprogramming dan pengaturan prosessor.

     Sistem ini memiliki keunggulan dalam perancangan modular karena sistem dibagi tiap lapisannya supaya dapat dirancang, dikode dan diuji serta penyederhanaan terhadap rancangan, spesifikasi dan implementasi sistem operasi.

3. SISTEM CLIENT SERVER
     Sistem operasi dikategorikan sebagai server (penyedia layanan) yang berfungsi untuk menjawab atau melakukan proses-proses yang di minta oleh client dan client (pengakses layanan) mengirimkan permintaan kepada server proses untuk dapat di eksekusi.
       Didalam sistem ini pengembangan dapat dilakukan secara modular, jika ada kesalaha ataupun kerusakan di ‘sistem a’ maka tidak akan berimbas di sistem lainnya. Sistem ini juga mempunyai kecepatan yang lambat dalam komunikasi antara client dan server serta dalam pertukaran pesan sering menjadi bottleneck.

C. EVOLUSI SISTEM OPERASI
     Perkembangan teknologi yang maju dan berkembang saat ini dikarenakan sistem operasinya yang selalu diperbaharui dan ditingkatkan menjadi lebih baik dari sebelum-sebelumnya (mengalami penyempurnaan).  Evolusi dalam sistem operasi diantarannya melibatkan penyempurnaan dalam system batch, multiprogrammed system, time sharing, multi tasking dan interactive computing.
    System batch adalah dimana pengeksekusian terhadap sekelompok program dana begitu selanjutnya. Multiprogramming system adalah dimana ketika ada dua program atau lebih yang melakukan penyimpanan dan eksekusi secara bersamaan. Time sharing pengeksekusian program dapat dilakukan beberapa user dalam satu komputer. Multi tasking adalah pengeksekusian program lebih dari satu dan dilakukan secara bersamaa. Interactive computing adalah dimana perangkat lunak menerima inputan dari user dalam berbagai bentuk (ex teks).

D. KOMPONEN UTAMA DALAM SISTEM OPERASI

Menutut A. S. Tenenbaum ada 4 komponen utama dalam sistem operasi, yaitu
1.  Management Process
     Management process bisa juga dikatakan sebagai alat pembagai sumberdaya terhadap program-program yang akan diproses. Selain itu management process mempunyai hak penuh atas apa yang akan terjadi atau dilakukan oleh CPU, maka dari itu management process juga mempunyai beberapa fungsi inti, diantarannya menghapus dan membuar proses pengguna sistem operasi, menunda atau melanjutkan proses,  menyediakan mekanisme untuk sinkronisasi, komunikasi dan yang terutama mekanisme untuk deadlock.

2. INPUT OUTPUT
  Didalam sistem operasi perangkat device manager (I/O) dapat diartikan sebagai penyangga untuk menampung sementara data dari/ke perangkat masukan/keluaran. Sebagai spooling untuk melakukan penjadwalan untuk pemakaian perangakat I/O supaya lebih efesien. Penyedia driver yaitu melakukan operasi rinci untuk perangkat keras I/O tertentu.

3. Management Memory
   Memori utama berfungsi sebagai tempat penyimpanan instruksi/data yang akses datanya digunakan oleh CPU dan perangkat Masukan/Keluaran. Memori utama termasuk tempat penyimpanan data yang yang bersifat volatile – tidak permanen -- yaitu data akan hilang kalau komputer dimatikan. Sistem operasi bertanggungjawab atas aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan managemen memori seperti Menjaga track dari memori yang sedang digunakan dan siapa yang menggunakannya. Memilih program yang akan di-load ke memori.

4. Sistem Berkas
  Didalam sebuah berkas digunakan sebagai tempat penyimpanan data/file yang sama sesuai dengan kegunaan dari user. Disini sistem berkas dapat membuat dan penghapusan berkas. Pembuatan dan penghapusan direktori. Mendukung manipulasi berkas dan direktori. Memetakan berkas ke secondary-storage. Mem-back-up berkas ke media penyimpanan yang permanen (non-volatile).


Selain keempat sistem tersebut ada beberapa tamabahan.
5. Penyimpanan Sekunder
6. Sistem Proteksi
7. Jaringan dan
8. Command-Interpreter System.



Sumber : www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar