follow twitt

Minggu, 30 September 2012

Membuat Rumah Dengan Dev-C++

Rumah.
Mungkin dalam bayangan kita sebagai manusia rumah adalah tempat berlindung atau lebih tepatnya tempat tinggal. Rumah sendiri memiliki banyak variasi dan bentuk ada yang tipe ini itu dan sebagainya, dan ada juga yang model rumah eropa, amerika dan mungkin model yang belum pernah ada dan anda ingin model tersebut menjadi model rumah anda kelak.
Membangun rumah bukanlah hal sepele, karena diperlukan banyak perhitungan. Entah itu mengenai biaya, ukuran detail tiap ruangan dan yang lebih penting adalah memuaskan hati kita. Tapi dengan bantuan program aplikasi yang satu ini, kita bisa membentuk rumah dengan gratis, mewah, sesuka hati dan yang penting adalah GRATIS. Dan ini adalah tugas saya yang pertama dalam perkuliahan Grafika Komputer.

Membuat Rumah Sederhana.
Penampakan untuk hasil... maaf ga langsung ditampilin.

cara membuatnya cukup sederhana, kita tinggal membagi rumah itu dalam beberapa bagian. Dan saya membaginya menjadi 10 bagian. dalam pembuatan ini saya menggunakan "glBegin(GL_POLYGON);" agar warna langsung bisa terblok dengan otomatis.

Bagian 1
Mebuat tembok pintu
glVertex2i(300, 50);
glVertex2i(300, 130);
glVertex2i(350, 130);
glVertex2i(350, 50);


Bagian 2
Atap segitiga
glVertex2i(325, 200);
glVertex2i(300, 130);
glVertex2i(350, 130);

Bagian 3
Tembok jendela
glVertex2i(500, 50);
glVertex2i(500, 130);
glVertex2i(350, 130);
glVertex2i(350, 50);

Bagian 4
Atap genteng
glVertex2i(325, 200);
glVertex2i(475, 200);
glVertex2i(500, 130);
glVertex2i(350, 130);

Bagian 5
Jendela
glVertex2i(420, 110);
glVertex2i(420, 90);
glVertex2i(395, 90);
glVertex2i(395, 110);

Bagian 6
Pintu
glVertex2i(420, 90);
glVertex2i(420, 110);
glVertex2i(445, 110);
glVertex2i(445, 90);

Bagian 7
Engsel pintu
glVertex2i(445, 90);
glVertex2i(445, 70);
glVertex2i(420, 70);
glVertex2i(420, 90);

Membuat garis tebal
glLineWidth(0.0f); adalah function untuk menentukan tebal garis. angka (0.0) tersebut bisa diganti sesuai dengan seberapa tebal garis yang anda inginkan. semakin besar angka semakin tebal garisnya.

selain itu kita harus mengganti glBegin(GL_POLYGON); dengan glBegin(GL_LINE_LOOP); dan mengcopy semua koordinat dia atas, agar fungsi glLineWidth() dapat terbaca.

Membuat warna
warna dasar sendiri terdiri dari 3 warna yaitu Merah, Hijau dan Biru atau biasa dikenal dengan RGB (red, green and blue). dengan function seperti ini glColor3f(0.0f, 0.0f, 0.0f);. Untuk mendapatkan warna lain anda bisa mengganti angak (0.0) sesuai dengan warna yang anda inginkan sesuai dengan urutan RGB.
contoh warna biru glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);.

NB : coding lengkap bisa di unduh disini. .dev dan .exe

Writing by : Yakub Pratama (672011212)

3 komentar:

  1. kak.. aku udah coba tp ngak bsh nie?

    BalasHapus
  2. waduhhh udah lama ga ngurusin blog ternyata ada yang komen juga hehehehe
    ga bisa gimananya??? masalahnya diperjelas

    BalasHapus